Umrah bersama balita

 

Duuh terimakasih ya Allah kami merasa umrah kami kemarin dimudahkan, soalnya sempet ada titik dalam perjalanan dimana rasanya jadi ortu kok dzalim sama anak pake dibawa segala umrah sampe 9 hari yang menuntut ketahanan fisik. Ya di perjalanannya, ya ibadahnya juga, mana Azkia (4 tahun) baru sembuh dari cacar air. Bahkan ada yang bilang kalau bawa anak itu nanti gak bisa khusyuk atau gak bisa ngikutin jadwal rombongan, mending dititip neneknya aja deh…. tapi Lahawla walakuwwata illabillah, dengan niat ingin bonding dengan keluarga sekaligus memperkenalkan ibadah rukun islam ke-5 maka jadilah tulisan ini hehe..

Karena sayang sudah punya paspor hijau yang sekalian dibuat 2012 kemarin buat semua anggota keluarga kami, Azkia kami daftarkan juga ikut umrah di akhir bulan Januari. Sengaja pilih jadwal Januari, karena suhu di Madinah-Mekkah pas lagi adem. Kalau informasi lain bilang disana bulan-bulan Maulud begini belum terlalu rame sih kayaknya informasinya gak terlalu valid ya karena waktu kami kesana jumlah umat nabi yang berziarah tetep terlihat masif.

Yang disiapkan selain paspor tentunya vaksin meningitis, untuk melindungi resiko tertular penyakit meningococcal. Selama melakukan ibadah umroh/haji, kita akan bertemu dengan orang dari berbagai negara yang mungkin saja menjadi pembawa atau carrier bakteri meningitis. Bakteri ini sebenarnya tidak ada di Indonesia, tapi untuk orang yang akan bepergian ke negara terutama ke daerah endemi termasuk Arab Saudi, untuk syarat visa harus punya buku kuning sebagai record imunisasi. Oya, imunisasinya katanya bekerja efektif dalam 10 hari, jadi pastikan kita sudah disuntik H-10 keberangkatan.

Seperti inilah buku kuning yang kita dapat begitu sudah *dijuuuus* suntik. Sayangnya kalau umrah, kita yang harus mengusahakan sendiri, lain dengan haji, mereka sudah disediakan pos-pos vaksin di puskesmas terdekat.

buku kuning meningitis

Untuk dapat layanan vaksin bisa datang ke Balai Kesehatan di Bandara/ Pelabuhan, atau kalau di rumah sakit ada di RS Asrama Haji Pondok Gede atau di RS Fatmawati. Azkia kemarin vaksinnya di Balai Kesehatan Tanjungpriuk yang katanya gak terlalu banyak antriannya, tapi buka cuma di hari kerja. Wah niat bener waktu itu kami berangkat nyubuh naik KRL ke stasiun kota lanjut taxi dan si balita masih bobo cuma dipakein jaket sama jilbab demi dapat antrian awal. Alhamdulillah jam 9 pagi kelar.. udah deg-degan takut seharian ngantrinya dan ada yang rewel nih karena keduluan sama rombongan yang sekaligus ngambil nomor antrian sampe tiga puluhan, fyuuh… lega dan ini anaknya cuma meringis dikiiit terus senyum ceria lagi karena sebelumnya sudah diberitahu nanti rasanya kayak digigit semut aja kok hehe…. jadi gak kaget.

Berikutnya ada manasik tapi karena hujan jadi cuma briefing aja di pelataran masjid asrama haji pondok gede. Manasik gini sekarang umum diadain sama sekolah-sekolah TK. Kok penuhnya sama bis-bis rombongan sekolah TK dengan anak-anak yang pakai kain ihram lucu-lucu hihi. Azkia disini malah banyak temannyaaa…Jadi cerah ceria semuanya. Sampai disini aja sudah merasa dimudahkaan banget. Perjalanannya sendiri baru mau dimulai 😀

 miqat byr ali

 

Begitu hari keberangkatan tiba, ternyata Azkia memang paling kecil sendiri. Di rombongan selain kami ada anak-anak juga sih tapi udah besar, udah usia SD. Untuk menjaga mood sepanjang ibadah dan tur yang diikutin, Azkia kami sesuaikan dengan dijaga asupannya dan hasilnya ni anak jadi paling sehat diantara yang anggota rombongan lain. Yang dewasa malah pada gantian sakit lho…. Beberapa agenda kami relakan tidak ikut rombongan & pembimbing jadi dengan bermodalkan buku panduan kami bertiga beribadah sendiri terpisah.

jabal rahmah  jabal rahmah jabal rahmah

Yang paling menyenangkan itu di Madinah sana kota pertama yang dikunjungi orang-orangnya nya senaang sama anak kecil. Pipinya habis sudah ditowel towel dicubitin, tapi habis itu azkia diberi makanan . Kebanyakan ngasih coklat sama susu. Pernah dikasih susu unta berbagai macam rasa, strawberry, vanilla, semua pedagang kayaknya ngasih free sample deh sama azkia ini. Gak pernah kehabisan makanan kesukaan anak-anak. Di Makkah tepat di samping penginapan ada kedai jus sama eskrim. Di jabal rahmah itu juga ada mobil eskrim loh hehe.. jadi makan jajan melulu kerjaannya. Cateringnya nyediain masakan Indonesia 3x sehari.

 

madinah

catering indonesia

 

 

 

 

 

 

 

SAM_0063 SAM_0071

Kegiatan seru yang lain adalah ngasih makan burung merpati…. di sekitar Masjid nabawi dan hotel jumlahnya banyak dan dibiarkan bebas, kota Madinah jadi makin terlihat adem,vintage, sempat hujan juga waktu kami tur ke Masjid Quba.   Fyi, Madinah agak berbeda dengan Mekkah. Madinah lebih tertata bersih, orang-orangnya terasa lebih ramah. Di Mekkah sedihnya banyak orang afro yang meminta-minta di jalanan.  Terus karena mungkin mesjidil haram lagi mau diperbesar jadinya pas kesana lagi berdebu jalanannya dikelilingi alat berat. Perluasan masjidil haram ini kabarnya berlangsung sampai tahun 2020. Ke depan bila sudah bisa menampung lebih banyak jamaah, insyaAllah quota haji untuk Indonesia bisa ditambah lagi oleh pemerintah Saudi.

Ada penyesalan juga kemarin gak bawa stroller… habis Azkia kayaknya udah terlalu gede untuk disuruh naik stroller. Salah satu anggota rombongan ada yang bawa kursi roda dan udah nawarin buat dipake azkia cuma kok gak enak pinjem karena kami berangkat tawafnya habis subuh sedangkan rombongan yang lain subuh baru pada balik dari masjidil haram.  Alhamdulillah ada yang nyewain kursi roda di gate masjid, tawaf+sa’i 100 riyal aja… jatuhnya 300ribu kalau dirupiahkan. Lumayan lah ya soalnya sebelumnya yang bawa kursi roda sendiri (untuk dipakai neneknya yang sepuh) itu bilang klo nyewa jatuhnya bisa sampe 300riyal .. waduh dirupiahin bisa sampe sejuta. Tapi itu kayaknya kalau plus didorongin tukang sewa kursi rodanya deh hehe.

kursi roda tawaf stroller tawaf 

 

Azkia telihat seneng tawaf plus sa’i soalnya pake kursi roda serasa naik beca kali ya hehe. Kami bertiga tawaf di areal atas (bagian mataf, khusus kursi roda). Nah karena Azkianya gak mau naik kursi roda sendiri, jadi mamanya juga ikut naik becaa deh tawaf +sa’inya…  hehe curang ya . Tapi Rasulullah SAW setahu kami juga pernah tawaf sambil naik unta waktu tawaf wada.

Catatan:  Jangka waktu tawafnya sih cukup sejam, sai sejam, bisa lebih cepet kalo lari2 dan udah tahu gerbang2nya. Waktu pertama bertiga tawaf sai dan pake kursi roda mulainya kira-kira habis selesai sholat subuh dan selesai jam 10 pagi. Diantara safa dan marwah ada bagian berlampu hijau yang kalau laki2 disunnahkan lari2 kecil. Setiap papanya dorong kursi roda sambil lari sepanjang hijau itu si azkia ketawa2 geli… 😀

tawaf sai umrah tawaf sai umrah tawaf sai umrah

Beranjak pulang karena pake maskapai charteran dari Thailand kami transit dulu di suvarnabhumi Bangkok… Alhamdulillah semoga setelah kami berkunjung ke baitullah, kami pulang ke rumah dengan menjadi pribadi yang lebih baik dan dekat dengan Allah sehingga Allah pun senantiasa hadir di rumah kami aamiin

suvarnabhumi bangkok

 

*Oya selama ini banyak yang nanya, biaya umrah buat anaknya berapa sih? apa bayar full? Azkia kemarin bayar umrahnya 80% dari orang dewasa, om tante.. karena tiket pesawatnya kan udah harus sendiri. Semoga bisa diberi kesempatan kembali lagi dalam rangka haji aamiin.

SAM_0089

2 thoughts on “Umrah bersama balita

  1. Waah senengnya bisa umroh sekeluarga. Semoga lain waktu aku juga bisa ke Baitullah bareng anak2. Sedih eeh pas kemaren towaf/sa’i liat ortu gandeng anak akunya melenggang sendirian.. (lhaa koq jd curcol hehe..)

Leave a comment